Profil Afdhal, Pengusaha yang Hobi Olahraga, Mendaki Gunung Hingga Maju Calon Wakil Wali Kota Kendari 2024

Oyisultra.com, KENDARI – Ir. Afdhal ST M.PWK adalah salah satu kandidat Wakil Wali Kota Kendari yang maju dalam pemilihan Wali Kota Kendari 2024. Dan dalam perhelatan ini, Afdhal berpasangan dengan Abdul Rasak dan mendapatkan nomor urut 5.

Pasangan Rasak-Afdhal ini diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Buruh, dan Partai Garuda.

Dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Kendari, kemunculan Ir Afdhal ST M.PWK dalam peta politik Kota Kendari banyak mengagetkan banyak pihak, karena dianggap sebagai tokoh politik baru, tapi secara mengejutkan berhasil tampil dan berpasangan dengan Tokoh Kota Kendari yang merupakan mantan Ketua DPRD Kota Kendari 2 Periode, dan sudah menjadi Anggota DPRD selama kurang lebih 20 tahun atau 4 periode yakni Abdul Rasak, SP yang juga dikenal dekat dengan masyarakat, jujur, amanah dan bersih di Kota Kendari.

Profil Ir Afdhal ST M.PWK

Ir Afdhal ST M.PWK lahir di Bulukumba pada 40 tahun silam, tepatnya 14 November 1984 dan sejak beberapa tahun lalu sudah menjadi warga Kota Kendari yang berdomisili di Kelurahan Lepo-Lepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Berdasarkan usianya, Afdhal termasuk Generasi Milenial, bahkan paling muda dan milenial dibandingkan semua calon Wakil Wali Kota Kendari lainnya.

Seperti diketahui, Generasi Milenial itu adalah Generasi yang lahir antara tahun 1981-1996.

Selain merupakan Calon Wakil Wali Kota yang paling milenial. Ia juga satu-satunya Calon Wakil Wali Kota Kendari yang memiliki disiplin ilmu di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota yang sangat berguna bagi pengembangan Kota Kendari di masa mendatang. Dan hal ini tergambar dari gelar Akademik yakni Magister Perencanaan Wilayah dan Kota (M.PWK).

Untuk diketahui, suami dari Yusniar Asrina, dan ayah dari Muhammad Irul ini memiliki hobby mendaki gunung dan 15 Mei 2023, sukses mencapai puncak tertinggi Indonesia di Gunung Jaya Wijaya, Papua dengan ketinggian 4.884 MDPL.

Selain itu, Afdhal juga hobby olahraga Muaythai, Airsofter, Seni, Budaya dan Sastra.

Jenjang Pendidikan Tinggi

Ir. Afdhal, ST M.PWK mengenyam pendidikan tinggi di Strata I (S1) di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar di Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan lulus pada tahun 2007.

Kemudian, ia melanjutkan Strata II (S2) di Universitas Halu Oleo (UHO) di Perencanaan dan Pengembangan Wilayah Kota dan Lulus pada tahun 2021

Pengalaman Organisasi

Dan semasa masih mahasiswa di Kampus UMI Makassar, Afdhal ada sosok mahasiswa yang suka berorganisasi, baik di organisasi UKM Kreatifitas Seni, Budaya dan Sastra UMI Makassar, juga tergabung sebagai Mahasiswa Pecinta Alam di Rightness Pecinta Alam Makassar.

Selain aktif di organisasi seni dan pecinta Alam, Afdhal juga berkecimpung di organisasi Mahasiswa Islam Terbesar di Indonesia yakni di Himpunan Mahasiswa Islam yang biasa kita kenal dengan singkatan HMI. Di HMI, ia pernah menjabat sebagai Ketua HMI Komisariat FTI-UMI. Dan bahkan saat ini, ia juga menjabat sebagai Koordinator Presidium Majelis Daerah (MD) Korps Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Konawe, Provinsi Sultra.

Usai lulus kuliah S1 dan S2, Afdhal juga aktif dibeberapa organisasi profesi yakni di Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia Sultra, dan di Ikatan Alumni FTI UMI Makassar.

Selanjutnya, di bidang olahraga, Afdhal merupakan Ketua Muaythai Indonesia Kendari dan juga tergabung dalam organisasi Airsoft Kendari 10.2.

Dan dibidang politik, sejak April 2023, Afdhal masuk dunia politik dan diberi kepercayaan menjadi Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Dan selanjutnya pada 8 Oktober 2023, ia diberi amanah dan dilantik oleh Ketum Perindo, Harry Tanoesoedibjo sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perindo Provinsi Sultra.

Pengalaman Kerja dan Jabatan

Kemudian, sebelum terjun di dunia politik, Afdhal merupakan sosok praktisi profesional di bidang Teknologi Industri sejak tahun 2006.

Ia merupakan tenaga ahli di bidang Geologis dan Engineering Ekplorasi di Industri Pertambangan. Dan saat ini ia juga merupakan sosok pengusaha sukses di bidang Industri Pertambangan di Sultra.

Ia pernah menjadi Geologis di PT. Integra Mining Nusantara, Exploration Engineering PT. Huafeng Mining Integra, Kepala Divisi Explorasi – Site Manager Kolaka Nikel Sejahtera/ Dwi Mitra Multiguna Sejahtera.

Kemudian, sebagai General Engineering (GE) PT. Bumi Konawe Abadi, GE PT. Putra Inti Sultra Perkasa, GE PT. Geo Inti Karya, GE PT. Mega Putra Prima Industri, GE CV. Unaaha Bakti Persada.

Selanjutnya, ia merupakan Direktur CV. Geo Inti Karya, Direktur PT. Industri Maritim Indonesia, Direktur PT. Earl Geo Industri, Komisaris PT.Geo Inti Sultra dan Komisaris PT. Geo Inti Analisis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *