Survei Poltracking Indonesia: Pilkada Konawe Selatan 2024 Irham Kalenggo Elektabilitas Tertinggi

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Beredar disosial media Facebook, WhatsApp Grup (WAG) maupun di pesan WhatsApp pribadi yang mempublish hasil survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, termasuk di Konawe Selatan. Lembaga survei yang dilansir tersebut adalah Poltracking Indonesia yang telah mempublish hasil survei untuk bakal calon Bupati Konawe Selatan periode 2024-2029.

Dari survei yang dilakukan itu dengan sembilan nama yang disimulasi sebagai calon Bupati Konawe Selatan. Sembilan nama itu masing-masing : Irham Kalenggo, Rasyid, Muh Radhan Algindo Nur Alam, Adi Jaya Putra, Herman Pambahako, Muh Endang, Adi Yusuf Tamburaka, Rusmin Abdul Gani dan Punardin.

Dari lembaran survei di tingkat elektabilitas yang dipublish ini menyebutkan bahwa elektabilitas calon Bupati Konawe Selatan jika dilakukan pemilihan Bupati hari ini, maka Irham Kalenggo yang diunggulkan dengan hasil 20,6 persen. Kemudian disusul Rasyid dengan 19,8 persen, Radhan Algindo Nur Alam 18,8 persen, Adi Jaya Putra 11,7 persen, Muh Endang 7,0 persen dan Herman Pambahako 1,8 persen.

Begitu juga di lembaran elektabilitas simulasi terbuka dengan belasan calon Bupati Konawe Selatan masih menempatkan Irham Kalenggo yang teratas dengan perolehan 19,0 persen. Kemudian disusul Rasyid dengan raihan 17,2 persen, Radhan Algindo Nur Alam 16,9 persen, Adi Jaya Putra 10,4 persen, Muh Endang 5,2 persen, Leni Andriani Surunuddin 4,9 persen, dr Dewa Putu Ardika Putra 2,3 persen dan Abdul Halik 1,8 persen.

Selain tingkat elektalibilitas, lembaga survei Poltracking juga melakukan simulasi elektabilitasi Head to head. Simulasi ini menampilkan Herman Pambahako Vs Irham Kalenggo. Hasilnya Irham Kalenggo menang dengan 51,6 persen dan Herman Pambahako 8,8 persen dan yang belum tahu 39,6 persen.

Begitu juga bila disimulasikan antara Irham Kalenggo vs Adi Jaya Putra. Maka elektabilitas yang diperoleh jika pemilihan Bupati Konawe Selatan dilaksanakan hari ini maka hasil Irham Kalenggo meraih 45,8 persen dan Adi Jaya Putra meraih 22,4 persen. Sementara yang belum tahu sebanyak 41,8 persen.

Termasuk jika pemilihan bupati dengan mempertemukan Irham Kalenggo Vs Radhan Algindo Nur Alam diunggulkan Calon Bupati Irham Kalenggo dengan raihan 37,0 persen dan Radhan meraih 32,6 persen, sementara yang belum tahu sebanyak 30,5 persen.

Salah seorang Bakal calon Bupati Konawe Selatan Irham Kalenggo membenarkan jika publish hasil survei yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia telah beredar di masyarakat. Baik itu melalui diskusi, media sosial maupun melalui pesan pesan singkat via WhatsApp dan lainnya.

“Iya. Saya juga sudah mendengar dan melihat hasil survei yang dimaksud. Namun secara pribadi masih akan terus bergerak melakukan sosialisasi termasuk bakal melakukan konsolidasi ke depannya,” ujarnya singkat kepada awak media ini, Kamis, (13/06/2024).

Begitu juga yang disampaikan salah seorang relawan bakal calon Bupati Konawe Selatan, Aliyadin, bahwa hasil survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei telah beredar dan menyebutkan Irham Kalenggo sebagai calon Bupati Konsel yang tertinggi elektabilitas dari calon lainnya.

“Kami sudah melihat dan membaca hasil survei tersebut Irham Kalenggo yang tertinggi. Semoga ini yang tertulis dan tercatat hingga akhir pemilihan, karena ini saja pa Irham belum melakukan sosialisasi dan konsolidasi. Itu merupakan kinerja relawan dengan melakukan pemasangan baliho, banner dan lainnya di seluruh jagad Konsel,” katanya singkat kepada awak media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *