Rajab Jinik Serap Aspirasi Warga Baruga

Oyisultra.com, KENDARI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), L.M. Rajab Jinik, melaksanakan reses masa sidang pertama di RT 07 RW 03, Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, pada Jumat 25 Oktober 2024 malam.

Momen reses ini dimanfaatkan warga untuk menyampaikan beragam permasalahan yang selama ini menjadi perhatian dan keluhan di lingkungan mereka. Permintaan dan keluhan yang disampaikan warga mencakup sejumlah kebutuhan mendesak.

Mulai dari perbaikan infrastruktur jalan, drainase, penerangan jalan, hingga permintaan bantuan kursi dan tenda. Selain itu, warga juga mengharapkan adanya dukungan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), serta beasiswa pendidikan untuk membantu anak-anak mereka melanjutkan pendidikan.

Salah seorang warga RT 07, Nurdin, menyampaikan harapannya kepada LM Rajab Jinik agar masalah ini segera mendapatkan perhatian dari pemerintah kota (Pemkot) Kendari.

Menurut Nurdin, kondisi jalan yang rusak parah tidak hanya menghambat mobilitas warga, akan tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan, terutama di malam hari.

“Kami sangat berharap agar Pak Rajab Jinik bisa memperjuangkan perbaikan jalan di lingkungan kami. Jalan ini sudah lama rusak dan semakin parah, apalagi ketika musim hujan. Banyak warga yang khawatir kalau terus dibiarkan, kondisi jalan bisa semakin membahayakan, terutama untuk anak-anak yang bermain atau warga yang sering lewat di malam hari,” ungkap Nurdin.

Selain itu, warga juga mengeluhkan drainase yang tidak memadai, yang menyebabkan genangan air saat hujan. Lampu jalan juga dianggap penting untuk meningkatkan keamanan, terutama di malam hari.

Di sektor ekonomi, pelaku UMKM menyampaikan harapan akan bantuan modal dan pelatihan untuk pengembangan usaha. Siti, pelaku UMKM menuturkan, bahwa dukungan dari pemerintah kota Kendari sangat berarti bagi keberlanjutan usaha mereka, terutama dengan naiknya harga bahan pokok atau sembako.

“Bantuan modal atau pelatihan akan sangat membantu kami dalam mengembangkan usaha dan menambah penghasilan keluarga. Kami juga berharap adanya bantuan beasiswa pendidikan bagi anak-anak kami, mengingat biaya pendidikan yang semakin mahal,” harapnya.

Mendengar aspirasi warga tersebut, LM Rajab Jinik menegaskan komitmennya untuk membawa aspirasi warga ini ke forum DPRD. Politisi Partai Golkar ini mengatakan pentingnya akses infrastruktur yang baik dan aman sebagai hak dasar masyarakat.

“Saya akan berupaya agar perbaikan jalan di Kelurahan Baruga menjadi prioritas pemerintah kota Kendari,” kata LM Rajab Jinik.

Anggota Komisi III DPRD Kota Kendari ini juga berjanji, untuk bekerja sama dengan instansi terkait agar masalah drainase dan penerangan jalan segera diatasi.

“Lampu jalan dan drainase adalah kebutuhan mendesak untuk keamanan dan kenyamanan warga,” papar LM Rajab Jinik.

Anggota DPRD Kota Kendari 2 periode ini menambahkan, bahwa pemberdayaan ekonomi lokal, khususnya UMKM sangat penting. Rajab berjanji akan mendorong program bantuan UMKM dan pelatihan bagi pelaku usaha kecil di Baruga.

“UMKM adalah tulang punggung ekonomi kita, mereka harus mendapat dukungan memadai,” ujar Rajab Jinik.

Dalam bidang pendidikan, Rajab Jinik berjanji untuk memperjuangkan beasiswa agar lebih banyak anak-anak di Baruga yang terbantu.

“Pendidikan adalah investasi jangka panjang bangsa. Kita harus memastikan anak-anak mendapat akses pendidikan yang layak,” papar Rajab Jinik.

Sejumlah warga saat menghadiri kegiatan reses LM Rajab Jinik di Kelurahan Baruga

Dalam kesempatan itu, Rajab Jinik berjanji akan membawa semua aspirasi yang disampaikan warga ke dalam rapat-rapat DPRD. Dia berharap agar momen reses ini dapat menjadi jembatan antara pemerintah kota Kendari dan masyarakat dalam memperjuangkan kebutuhan-kebutuhan yang ada di lingkungan Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga.

Rajab juga mengajak seluruh warga untuk tetap aktif dalam menyampaikan aspirasinya melalui momen reses atau kegiatan lain, karena partisipasi masyarakat sangat penting untuk mewujudkan pembangunan yang tepat sasaran dan menyeluruh.

“Saya berterima kasih kepada warga yang hadir dan memberi masukan. Reses ini adalah tanggung jawab kami sebagai wakil rakyat. Semoga aspirasi ini segera terwujud demi kesejahteraan kita bersama,” pungkas LM Rajab Jinik. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *