Tokoh Pemuda Bersama BEM se-Sultra Deklarasikan Pilkada Damai 2024

Oyisultra.com, KENDARI – Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Irjen Pol Dwi Irianto SIK M.Si membuka kegiatan Deklarasi Damai, bertempat di Claro Hotel Kendari, pada Rabu (4/9/2024). Deklarasi damai ini turut dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Amur Chandra Juli Buana SH MH, jajaran Forkopimda Sultra, Ketua KPU dan Bawaslu, pimpinan perguruan tinggi se-Sultra, tokoh organisasi kepemudaan hingga para Ketua beserta pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa.

Diketahui saat ini Sulawesi Tenggara tengah berada di tahapan Pilkada serentak tahun 2024 yang akan dilaksanakan sebentar lagi. Momentum Pilkada bukan hanya dalam kehidupan demokrasi bukan hanya sekedar mekanisme untuk memilih para pemimpin daerah tetapi juga menjadi manifestasi dari kedaulatan rakyat.

Berkaitan dengan hal tersebut yang menjadi atensi dari bapak Presiden Republik Indonesia dan Kapolri pada kontestasi Pilkada serentak salah satunya adalah polarisasi masyarakat yang dapat memicu konflik akibat dari perbedaan kepentingan dalam memilih pemimpin di daerahnya masing-masing.

Kapolda Sultra, Irjen Dwi Irianto menyampaikan, bahwa potensi kerawanan ini harus kita antisipasi dengan melibatkan seluruh stakeholder secara bersama-sama baik itu Polri, TNI, Kejaksaan, pemerintah daerah, hingga instansi terkait lainnya termasuk tokoh organisasi pemuda serta Badan Eksekutif Mahasiswa sesuai dengan perannya masing-masing.

“Peran para tokoh pemuda dan Badan Eksekutif Mahasiswa guna mewujudkan Pilkada damai sangatlah strategis, diantaranya memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat melalui keterlibatan dalam kegiatan pendidikan politik kampanye, kesadaran pemilih hingga keikutsertaan dalam memantau proses tahapan Pilkada serentak,” ungkap Kapolda Irjen Dwi Irianto.

Kegiatan silaturahmi yang dirangkaikan dengan deklarasi Pilkada damai tahun 2024 ini merupakan bukti nyata komitmen dari organisasi kepemudaan dan BEM se-Sultra dalam mendukung upaya Polri menciptakan Pilkada yang Aman damai dan kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *