Siap Hadapi Tantangan Pilkada 2024, Polda Sultra Gelar Rakernis Perkuat Pengawasan Keuangan

Oyisultra.com, KENDARI – Usai dibuka secara resmi oleh Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Irjen Pol Dwi Irianto SIK M.Si. Rapat Kerja Teknis (Rakernis) gabungan 7 Direktorat beserta Bidang Humas (Bid Humas) dan Bidang Keuangan (Bid Keu), pada Rabu 4 September 2024 di Claro Hotel. Selanjutnya Bid Keu Polda Sultra menggelar Rakernis Bidang Keuangan dan Binteknis Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) Tahun Anggaran 2024, bertempat di Hotel Kubah Sembilan Kendari, Kamis (5/9/2024).

Kegiatan ini menjadi langkah strategis Polda Sultra dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan memperkuat sistem pengawasan internal, khususnya menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak.

Rakernis yang dipimpin langsung oleh Kabidkeu Polda Sultra, Kombes Pol M. Kunto Wibisono SH SIK M.Si ini dihadiri oleh seluruh pejabat Bid Keu dan operator PIPK jajaran Polda Sultra.

Dalam sambutannya, Kombes Kunto Wibisono menekankan pentingnya akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan Polri.

“Dengan semakin kompleksnya tugas Polri, maka pengelolaan keuangan yang baik dan akuntabel menjadi semakin penting. Melalui Rakernis ini, kita berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dan memastikan bahwa setiap rupiah yang kita kelola digunakan secara efektif dan efisien,” tegas Kombes Kunto.

Salah satu fokus utama dari Rakernis ini adalah evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran tahun sebelumnya dan perumusan rencana kerja serta prioritas anggaran untuk tahun anggaran 2024. Selain itu, peserta Rakernis juga membahas mengenai pentingnya pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan keuangan, seperti aplikasi OMSPAN dan PUSKEU Presisi.

Kepala Seksi PPA 1B Kanwil DJPB Prov. Sultra, Fauzi Kurniawan, dalam paparannya menyampaikan apresiasi atas upaya Polda Sultra dalam meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan.

“Polda Sultra telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal di Kantor Pelayanan Perbendaharaan dan Anggaran Negara (MSKI KPPN) Kendari, Ibu Haris Felema, juga memberikan masukan terkait dengan pengelolaan anggaran yang efektif dan efisien.

“Kami siap untuk bekerja sama dengan Polda Sultra dalam rangka mendukung pelaksanaan anggaran,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *