GAM Sultra Menduga PD Aneka Usaha Kolaka Jadi Fasilitator Ore Nikel Ilegal Pakai Dokumen Terbang

Oyisultra.com, KENDARI – Perusahaan Daerah (PD) Aneka Usaha Kolaka diduga jadi fasilitator Dokumen Terbang (Dokter) terhadap sejumlah perusahaan tambang.

Modus operandinya terbilang cukup mengesankan. PD Aneka Usaha Kolaka yang sudah memiliki RKAB dengan leluasa jadi tempat bercokolnya para perusahaan tambang yang belum miliki RKAB dalam menjual ore nikelnya.

Ketua Garda Muda Anoa (GAM) Sultra, Muhammad Ikbal Laribae, mengatakan, ada beberapa perusahaan yang diduga berkolusi dalam menjual ore nikel.

Sebut saja, kata Ikbal, ore nikel milik PT Akar Mas Indonesia dan PT SLG. Sebagai pemilik ore nikel dengan leluasa bisa menjual miliknya memakai dokumen milik PD Aneka Usaha Kolaka.

“Jadi PD Aneka Usaha jadi penyedia dokumen terbang bagi PT AMI dan PT SLG dalam menjual ore nikel milik mereka,” ujar Ikbal kepada media ini, Minggu (21/7/2024).

Saat ini, kata Ikbal, kejahatan penjualan dengan memakai dokumen terbang milik PD Aneka Usaha Kolaka masih berlangsung di Jetty milik PT. Putra Mekongga Sejahtera (PMS).

“Saat ini kapal tongkang TB JASPOWER 2/BG ADITAMA 2, sedang melakukan pemuatan ore nikel di Jetty milik PT PMS dengan memakai dokumen milik PD Aneka Usaha Kolaka,” terang Ikbal.

Ikbal juga menyesalkan, mengapa Aparat Penegak Hukum (APH) hanya diam seribu bahasa melihat ini terjadi? Saat ini, lanjut Ikbal, pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak Mabes Polri. Agar segera menurunkan personelnya ditempat pemuatan ore nikel di Jetty milik PT PMS.

“Saat ini sedang berlangsung pemuatan ore nikel. Kami berharap pihak Mabes Polri langsung turun lapangan menghentikan dan menangkap oknum-oknum yang terlibat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *