Plt Bupati Muna Support Pembentukan PWI di Bumi Sowite

Oyisultra.com, MUNA – Plt. Bupati Muna Drs H Bachrun, memberikan dukungannya terhadap pembentukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kabupaten Muna.

Hal ini disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Muna itu saat menerima kunjungan pengurus PWI Sultra dan PWI Baubau di rumah jabatannya, Kamis (11/7/2024).

Bachrun mengatakan pentingnya keberadaan organisasi wartawan di daerah, sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan integritas para wartawan.

“Pembentukan PWI di Muna merupakan langkah positif untuk memperkuat peran pers dalam pembangunan daerah. Kami berharap PWI dapat menjadi wadah bagi para wartawan untuk saling berbagi ilmu, pengalaman, dan menjaga kode etik jurnalistik,” ujar Bachrun.

Bupati juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan pers dalam menyampaikan informasi yang akurat dan konstruktif kepada masyarakat.

“Pers memiliki peran strategis dalam mengawal pembangunan dan mengedukasi masyarakat. Kami berharap PWI bisa menjadi mitra yang baik bagi pemerintah daerah,” tambah Bachrun.

Di tempat yang sama, Ketua PWI Sulawesi Tenggara (Sultra), Sarjono menyampaikan apresiasi atas dukungan yang diberikan oleh Bupati Muna.

Menurut Sarjono, dukungan pemerintah daerah sangat penting untuk membangun sinergi yang baik antara wartawan dan pemerintah.

“Dukungan ini menunjukkan bahwa Pemkab Muna memahami pentingnya peran pers dalam pembangunan. Kami di PWI Sultra siap memberikan pendampingan dan bimbingan dalam proses pembentukan PWI di daerah,” kata Sarjono.

Sarjono juga menekankan, bahwa PWI bertujuan untuk memastikan bahwa setiap wartawan bekerja sesuai dengan kode etik dan standar profesionalisme yang tinggi.

Selain itu, keberadaan organisasi profesi juga menjadi wadah untuk meningkatkan kompetensi dan integritas wartawan di daerah.

Saat ini, lanjut Sarjono, anggota PWI di Kabupaten Muna termasuk Kabupaten Buton, Buteng Tengah, Buton Selatan dan Muna Barat masih tergabung dengan PWI Baubau.

Dengan dukungan dari Bupati Muna diharapkan pembentukan PWI di Muna dapat segera terealisasi dan berkontribusi positif terhadap perkembangan dunia jurnalistik di wilayah tersebut.

“Saya berharap langkah ini dapat menginspirasi daerah-daerah lain di Sultra untuk membentuk organisasi wartawan yang kuat dan profesional,” ungkapnya.

Ketua PWI Baubau, La Ode Aswarlin menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pendataan terhadap anggota PWI di Kabupaten Muna termasuk melakukan inventalisir calon anggota yang sudah mengikuti orientasi yang nantinya akan tergabung di PWI di Kabupaten Muna.

Aswar memastikan setelah merampungkan data keanggotaan di Kabupaten Muna, selanjutnya PWI Baubau akan mengajukan usulan pembentukan PWI Kabupaten Muna.

“PWI Baubau selama kiprahnya sudah mewujudkan terbentuknya PWI Wakatobi dan Buton Utara, Insyaallah PWI Muna dan beberapa daerah yang juga sudah memenuhi syarat kita akan fasilitasi pembentukannya,” pungkas Aswar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *