Optimis Jadi Pusat Rujukan, RSUD Baubau Siapkan Layanan Pasien Jantung

Oyisultra.com, BAUBAU – Dalam rangka menjadikan Rumah Sakit (RS) rujukan di Kepulauan Buton (Kepton), dan membantu tenaga medis dalam menangani penderita penyakit jantung. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Baubau kembali menyediakan layanan Catheterization Laboratory (Cath Lab) bagi pasien jantung dengan sistem peralatan canggih dan modern.

Direktur RSUD Kota Baubau, dr Sadly
Salman Sp.OG mengatakan, bahwa fasilitas layanan Cath lab sudah dilengkapi dengan banyak peralatan canggih dan modern. Alat-alat tersebut tentunya akan membantu dokter lebih mudah melakukan prosedur diagnostik dan intervensi dengan invasi minimal.

“Cath Lab sendiri merupakan pelayanan yang dilakukan diruangan laboratorium kateterisasi jantung untuk melakukan tindakan invasif non bedah pada penyakit jantung, dan menegakkan diagnose dan sebagai intervensi/terapeutik melalui pembuluh darah vena atau arteri,” kata dr Sadly kepada awak media ini, Sabtu (13/7/2024).

dr Sadly menyebutkan, bahwa prosedur Cath Lab sendiri lebih banyak dimanfaatkan untuk masalah jantung, seperti pemasangan stent dan angiografi koroner.

Selain itu, prosedur Cath Lab juga dapat dimanfaatkan diberbagai bidang lainnya, seperti bedah saraf, bedah tulang, neurologi intervensi, radiologi intervensi, dan masih banyak lagi.

Menurutnya, fasilitas Cath Lab penting disiagakan disetiap wilayah khususnya wilayah Kepulauan. Sebab, pasien dengan penyakit jantung membutuhkan penanganan yang cepat.

“Golden timenya harus tercapai sehingga pasien dengan masalah jantung dapat segera tertangani, dengan mengunjungi Pelayanan Terpadu Jantung RSUD Kota Baubau. Tetapi kalau dalam keadaan darurat, seperti ada serangan jantung bisa langsung mengakses Instalasi Gawat Darurat RSUD,” ujar Sadly.

Dengan adanya layanan Cath Lab di RSUD Baubau, Sadly mengharapkan dapat menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung serta meningkatkan kualitas hidup pasien.

“Masyarakat kini tidak perlu pergi ke luar kota untuk mendapatkan layanan kardiologi yang komprehensif, karena semuanya sudah tersedia di RSUD Kota Baubau. Ini juga diharapkan dapat mengurangi beban biaya dan waktu yang dikeluarkan oleh pasien dan keluarganya,” ungkapnya.

Sadly menambahkan, selain layanan Cath Lab RSUD Kota Baubau juga memiliki rencana untuk terus mengembangkan fasilitas dan layanan medis lainnya. “Kami akan terus berupaya untuk menjadikan RSUD Baubau menjadi pusat rujukan kesehatan di wilayah Kepulauan Buton,” pungakasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *