Pemda Konawe Selatan Gelar Evaluasi Pembangunan Semester I, Capaian PAD Empat Dinas Minim

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) dan Evaluasi Pembangunan Semester I (satu) tahun 2024, di Auditorium lantai III Kantor Bupati, pada Kamis (11/7/2024).

Dalam rapat evaluasi pembangunan tersebut terungkap, serapan anggaran tahun 2024 di semester pertama belum mencapai 50 persen atau baru sekitar 42 persen.

Begitu juga dengan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sejumlah OPD masih banyak yang belum memenuhi setengah dari target, meski secara keseluruhan sudah mencapai 57 persen.

OPD yang serapan anggaran dan pencapaian PAD yang masih minim, yakni Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perindag), serta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP.

Selain itu, masih ada juga yang serapan anggarannya 0 (Nol) persen di sejumlah Kelurahan dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan.

Kepala Dinas (Kadis) Nakertrans Kabupaten Konsel, Erna Yustiana yang serapan anggaran dan target PAD masih rendah di semester I berakhir mengakuinya, bahkan dirinya siap di evaluasi jika di September 2024 tidak dapat memenuhi target.

“Kami mengakui, jika serapan anggaran dan PAD di dinas kami masih rendah. Salah satu sumber pendapatan itu ada di Balai Latihan Kerja (BLK) Lainea Punggaluku, tetapi biasanya nanti di bulan Agustus. Begitu juga dari sumber PAD lainnya akan dikebut hingga September 2024 ini,” ujar Erna.

Begitu juga dengan Kepala Dinas Perhubungan, Budi Yuliarto Silondae mengakui jika serapan anggaran dan target PAD masih rendah. Namun demikian di semester kedua tahun 2024 ini, Dinas Perhubungan akan terus memaksimalkan kegiatan dalam realisasi serapan anggaran, termasuk objek PAD akan diintensifkan.

“Salah satu kendala di Dishub belum mencapai target lebih dari setengah itu dikarenakan ada sejumlah potensi PAD yang perlu dilakukan perubahan Peraturan Bupati, sehingga akan segera dilakukan untuk memaksimalkan potensi yang ada di Dishub Konsel,” katanya.

Bupati H Surunuddin Dangga yang mendengarkan laporan sejumlah kepala OPD lingkup Pemda Konsel mengingatkan, agar seluruh lembaga atau organisasi bekerja secara tim dan bekerja maksimal dalam rangka melaksanakan program pemerintah.

“Semua kepala OPD, termasuk Camat untuk memberdayakan sekretarisnya dalam menyusun dan melaksanakan semua kegiatan. Semua harus disampaikan secara transparan dan jangan ada yang disembunyikan atau dirahasiakan. Kalau ada OPD seperti sejumlah Kelurahan dan Puskesmas yang masih nol persen serapan anggarannya gimana itu dan kegiatan selama ini bersumber dari mana. Karena itu bekerja sama dengan baik dan berkoordinasi,” pesan Surunuddin Dangga kepada peserta Rakor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *