Tingkatkan SDM Pejabat Fungsional Kesehatan, Dinkes Konawe Selatan Gelar Uji Kompetensi

Oyisultra.com, KENDARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus melakukan peningkatan kompetensi aparatur Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Salah satunya dengan meningkatkan kompetensi profesionalisme pejabat fungsional kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Konawe Selatan, dr H Boni Lambang Pramana M.Kes kepada awak media usai membuka acara, di Kendari, Senin (8/7/2024).

Menurut dr Boni, untuk meningkatkan kapasitas SDM lingkup Pejabat Fungsional Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan melaksanakan uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Dinas Kesehatan.

Lanjut dokter yang akrab disapa Dokbon ini mengatakan, uji kompetensi tersebut berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2017 tentang Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan.

“Uji kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja pejabat fungsional kesehatan yang dilakukan oleh tim penguji dalam rangka memenuhi syarat kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi,” kata dia.

Dokbon menambahkan, uji kompetensi jabatan fungsional diperlukan karena pada lingkup pekerjaan jabatan fungsional tersebut memiliki cakupan yang cukup luas, membutuhkan penguasaan pengetahuan standar teoritis di bidangnya, serta memerlukan penguasaan khusus menurut tingkat keahlian pada bidang tertentu.

“Dengan pelaksanaan uji kompetensi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para tenaga kesehatan, sehingga lebih berkompeten dan profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) sebagai Pejabat Fungsional Kesehatan,” tambah mantan Direktur BLUD RSUD Kabupaten Konawe Selatan.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti oleh 220 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan dan tenaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *