Polda Sultra Gelar Latihan VIP Protection Pengamanan Pilkada 2024

Oyisultra.com, KENDARI – Biro Operasional Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar latihan VIP Protection dalam rangka pengamanan Calon Kepala Daerah (Cakada) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di wilayah hukum Polda Sultra.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Sultra, Kombes Pol Tumpal Damayanus SH MH dan diikuti oleh 180 personel dari berbagai satuan di Polda Sultra, Senin (8/7/2024).

Latihan ini menghadirkan pemateri dan pelatih dari Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit), Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam), serta Satuan Brimob Polda Sultra.

Karo Ops Polda Sultra, Kombes Pol Tumpal Damayanus menjelaskan, materi yang diberikan dalam latihan ini mencakup penanganan ancaman terhadap VIP, taktik dan strategi pengamanan VIP, prosedur evakuasi VIP, serta penggunaan alat-alat khusus untuk pengamanan VIP.

Tujuan dari latihan ini, lanjut Kombes Tumpal, adalah untuk meningkatkan kemampuan personel Polda Sultra dalam melakukan pengamanan terhadap VIP, khususnya Calon kepala daerah pada Pilkada 2024.

Dengan pelatihan ini, kata Tumpal, diharapkan personel Polda Sultra dapat memberikan pengamanan yang maksimal dan profesional kepada VIP, sehingga Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

“VIP Protection sendiri merupakan kegiatan pengamanan yang dilakukan terhadap orang-orang penting, seperti pejabat negara, pejabat tinggi negara, tamu negara, dan lain sebagainya,” kata Kombes Tumpal.

Selain itu, sambung Tumpal, pengamanan VIP Protection ini bertujuan untuk melindungi VIP dari berbagai ancaman, seperti penculikan, pembunuhan, dan terorisme.

“Tugas ini sangat penting dan kompleks karena membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus. Personel yang bertugas melakukan VIP Protection harus memiliki kemampuan fisik yang prima, kemampuan analisa yang tajam, dan kemampuan komunikasi yang baik,” sambung dia.

Dia menambahkan, dengan adanya latihan VIP Protection ini, personel Polda Sultra diharapkan dapat meningkatkan kemampuan personelnya dalam melakukan pengamanan terhadap VIP, sehingga Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *