Telan Anggaran Puluhan Miliar, Pemkab Harap Pilkada Konawe Selatan 2024 Berjalan Sukses

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berharap, pelaksanaan tahapan
Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konsel tahun 2024 yang saat ini sedang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dapat berjalan lancar dan sukses.

Pasalnya, demi kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang, Pemkab Konsel telah meggelontorkan anggaran sangat pantastis hingga puluhan miliar.

“Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, Pemkab Konsel telah menganggarkan dana sebesar Rp 54 Miliar lebih untuk KPU, Rp 19 Miliar lebih untuk Bawaslu dan Rp 14 Miliar lebih untuk pengamanan yang terdiri dari Polres Konsel, Polresta Kendari dan Kodim 1417 Kendari,” jelas Kepala Badan Kesbangpol Konsel, Muh Taufiq Amin Lar kepada awak media saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (5/7/2024).

Anggaran yang sangat besar ini, kata Muh Taufiq, telah dialokasikan mulai tahun 2023 lalu hingga tahun 2024, dan saat ini pengalokasiannya sudah 100 persen.

“Insyaallah dukungan pemerintah pada anggaran Pilkada Konsel sudah 100 persen dialokasikan untuk penyelenggara Pilkada dan Pengamanan. Penganggaran melalui dana hibah itu diserahkan sejak tahun 2023 sebesar 40 persen dan 60 persen di tahun 2024 ini,” kata Taufiq.

Mantan Kepala Bagian Humas Setda Konsel ini berharap, Pilkada yang saat ini tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang sementara berlangsung tidak terkendala, khususnya masalah anggaran.

Artinya, seluruh tahapan sesuai agenda dan perencanaan penyelenggara yakni KPU dan Bawaslu, termasuk pengamanan berjalan lancar dan sukses.

“Pemerintah daerah berharap, seluruh tahapan Pilkada Konsel hingga adanya Bupati dan Wakil Bupati terpilih berjalan lancar dan sukses tanpa ada hambatan atau riak-riak di masyarakat, termasuk terkait anggaran,” ujarnya.

Mantan Camat Lainea dan Kolono ini menambahkan, dukungan pemerintah terhadap pelaksanaan Pilkada serentak sangat antusias, termasuk perhatian pemerintah agar Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netral.

“Saya kira Bupati sangat tegas. Dalam setiap kesempatan disampaikan agar ASN untuk tidak kemana-mana, tetapi fokus akan tugas dan tanggungjawabnya sebagainya aparatur. ASN diminta dengan tegas untuk netral,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *