Kepala Sekolah dan Pengelola PAUD se-Konawe Utara Ikut Bimtek Penguatan Kapasitas

Oyisultra.com, KENDARI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe Utara (Konut) mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Kepala Sekolah dan pengelola satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Bimtek dibuka secara langsung oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Utara, Safruddin S.Pd M.Pd, di Hotel D’Blitz Kendari, Selasa (28/5/2024).

Kepala Dikbud Konawe Utara, Asmadin S.Pd MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan PAUD dan Dikmas, Hj. Neli S.Ag M.Pd mengatakan, Bimtek dilaksanakan sebagai upaya Pemda Konut dalam rangka untuk mencapai salah satu program visi dan misi Bupati Konawe Utara, Dr Ir H Ruksamin ST M.Si IPU ASEAN. Eng, yang berkomitmen penuh dalam meningkatkan sumber daya manusia di Konawe Utara.

“Ini adalah upaya sistematis Dinas Pendidikan Konut untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan kepala sekolah dan pengelola dalam mengelola lembaga PAUD secara efektif dan efisien,” kata Neli.

Ketua Panitia Bimtek saat menyampaikan laporan

Menurut Neli, ada ada 5 spek yang dapat dikembangkan sehubungan dengan penguatan kapasitas kepala sekolah atau pengelola.

Diantaranya, pertama pelatihan dan pendidikan berkelanjutan yaitu pelatihan manajerial, pengembangan kepentingan dan pendidikan berkelanjutan.

Kedua, peningkatan kompetensi pedagogis yang meliputi implementasi kurikulum dan metodologi pengajaran. Ketiga, pemahaman regulasi dan kebijakan.

Keempat, pengelolaan lingkungan pembelajaran, dimana selain pengelolaan kelas juga mengenai fasilitas dan sumber daya untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman dan stimulatif bagi peserta didik.

Kelima, pengembangan profesional dan pribadi, yaitu kemampuan dan keterampilan sosial dan emosional kepala sekolah dan pengelola untuk membangun hubungan yang baik dengan guru, orang tua, dan peserta didik serta meningkatkan motivasi dan kemampuan untuk berinovasi dalam mengelola dan mengembangkan lembaga PAUD.

“Sebagai leading sektor pengembangan PAUD, kami Dinas Pendidikan Konut berharap adanya Bimtek dapat mengakselerasi dan juga mendorong seluruh kepala sekolah dan pengelola satuan PAUD untuk dapat terus berbenah diseluruh aspek pengembangan dan pengelolaan satuan pendidikan untuk lebih baik serta meningkatkan kualitas layanan pada satuan pendidikan masing-masing,” harap Neli.

Foto bersama Pj Sekda, Safruddin dan jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konut, serta peserta bimtek usai acara pembukaan Bimtek

Lebih lanjut, Neli meminta kepada seluruh kepala sekolah dan pengelola sebagai top manajerial disatuan pendidikan masing-masing, untuk berkomitmen meningkatkan dan mengembangkan pendidikan anak usia dini melalui pengelolaan PAUD lebih berkualitas dan perencanaan berbasis data yang lebih memperhatikan kebutuhan layanan pendidikan peserta didik.

“Yang tidak kala penting tentu berkolaborasi dengan seluruh lapisan baik itu pemerintah daerah, swasta, lembaga swadaya masyarakat, orang tua peserta didik dan seluruh lapisan masyarakat dalam rangka mewujudkan generasi emas tahun 2045 serta Konawe Utara Sejahterah, Beradap dan berdaya saing,” jelas Neli.

Ditempat terpisah, Kepala Dikbud Konawe Utara Asmadin mengungkapkan dukungannya terhadap peningkatan PAUD di Konawe Utara. Pasalnya PAUD menjadi tempat pertumbuhan dan perkembangan anak yang berfokus kepada seluruh aspek kepribadian anak.

“Bimtek yang dikhususkan PAUD ini tentu kita dukung. Karena PAUD menjadi garda terdepan dalam peningkatan perkembangan anak,” tegas Asmadin.

Diketahui, pendanaan Bimtek bersumber dari dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe Utara tahun anggaran 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *