Lantik 450 Anggota PPS, Ketua KPU Muna: Laksanakan Tugas dan Kewajiban Sesuai Pakta Integritas

Oyisultra.com, MUNA – Sebanyak 450 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Muna untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 resmi dilantik dan diambil sumpahnya.

Pelantikan anggota PPS ini, dipimpin langsung Ketua KPU Muna, L.M Askar Adi Jaya dengan disaksikan seluruh anggota Komisioner KPU Muna dan turut dihadiri Sekda Muna Eddy Uga, serta Ketua Bawaslu Muna Al Abzal Naim.

Kegiatan pelantikan 450 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) ini, dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Sor La Ode Pandu Raha, Minggu (26/5/2024).

Ketua KPU Muna, L.M Askar Adi Jaya mengatakan, anggota PPS yang baru saja dilantik berjumlah 450 orang, yang nantinya akan bertugas di 150 desa/kelurahan, yang tersebar di 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Muna.

“450 anggota PPS ini telah melalui tahapan seleksi, jadi jangan beranggapan bahwa ada usulan atau titipan, itu semua tidak benar,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan kepada seluruh anggota PPS, agar dapat menjalankan tugas, kewajiban dan wewenangnya di desa dan kecamatan masing-masing, sehingga tahapan pemilihan kepala daerah dapat berjalan lancar dan tertib sampai pada tahapan pencoblosan di TPS nanti.

“Tadi telah dibacakan 11 poin yang tercantum dalam pakta integritas, yang menjadi rujukan bagi anggota PPS untuk menjalankan tugas, wewenang dan kewajibannya,” ujarnya.

Selain itu, Askar menjelaskan, pada bulan Juni kedepan ini akan masuk tahapan penyusunan dan pemuktahiran daftar pemilih, tahapan ini merupakan hal yang sangat penting, dimana Pantarlih akan bertugas untuk melakukan pencocokan dan penelitian terhadap pemilih yang memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat.

“Jadi, kami berharap kepada seluruh anggota PPS dapat melaksanakan penyusunan dan pemuktahiran daftar pemilih nanti sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Plt Bupati Muna Drs Bachrun melalui Sekda Muna Eddy Uga dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada anggota PPS yang baru dilantik, semoga dapat menjalankan tugas dan amanah dengan baik serta penuh dengan rasa tanggung jawab.

“Anggota PPS sangat berperan penting dan berkontribusi terhadap jalannya Pilkada, mari kita ciptakan suasana yang damai dan penuh sukacita dan jaga situasi daerah agar tetap tertib aman dan damai sehingga pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Bumi Sowite dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *