Usai Dilantik, 75 Anggota Panwascam se-Konawe Selatan Ikuti Pembekalan Pilkada 2024

Oyisultra.com, KONAWE SELATAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan, serta pembekalan bagi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, di Hotel Wonua Monapa Resort, Kecamatan Ranomeeto, Sabtu (25/5/2024).

Anggota Panwascam se-Konsel yang dilantik tersebut berjumlah 75 orang. Acara pelantikan dihadiri Anggota Bawaslu Provinsi Sultra H Heri Iskandar, Ketua dan Anggota Bawaslu Konsel (Siambu, Hasni, dan Bahrun Musu) serta Kepala Sekretariat Bawaslu Konsel Moch Syachrul.

Hadir juga Plt Kesbangpol Konsel Muhammad taufik Aminlar, Kasat Reskrim Polres Konsel AKP Nyoman Gede Aria, pihak Pengadilan Andoolo, Camat se-Konsel, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu Konsel, Siambu menekankan pentingnya peran Panwascam dalam mengawal proses demokrasi di tingkat kecamatan. Harus mampu membangun sinergitas yang baik dengan seluruh pihak terkait. Jangan ada yang berupaya melakukan afiliasi politik dengan kandidat. Jaga integritas dan profesionalisme.

“Kita bertanggung jawab secara citra dan moril menjaga independensi dan kepercayaan atas lembaga. Tugas kita bersama rakyat mengawal demokrasi,” imbuhnya.

Mari pastikan Pilkada 2024 berjalan dengan jujur, adil, dan transparan. Panwascam memiliki tanggung jawab besar untuk mengawasi setiap tahapan pemilihan di tingkat kecamatan, mulai dari pendataan pemilih, kampanye, hingga penghitungan suara.

Pelantikan yang dilakukan dengan penuh khidmat ini juga disertai dengan penandatanganan serta pembacaan pakta integritas.

“Kami berharap Panwascam se Kabupaten Konawe Selatan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan integritas dan profesionalisme,” ujarnya.

Setelah prosesi pelantikan, acara dilanjutkan dengan sesi pembekalan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai tugas dan fungsi Panwascam.

“Setiap anggota Panwascam harus siap menghadapi tantangan dan memastikan setiap tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tambahnya.

Bawaslu Kabupaten Konawe Selatan menunjukkan komitmennya dalam menyelenggarakan Pilkada yang berintegritas. Diharapkan Panwascam yang baru dilantik dapat berkontribusi positif dalam menjaga kualitas demokrasi di wilayah Konawe Selatan.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Sultra, H Heri Iskandar mengatakan, Pilkada serentak 2024 menjadi momen penting bagi masyarakat untuk memilih pemimpin daerah yang kompeten.

Oleh karena itu, pengawasan yang ketat dan independen sangat diperlukan untuk memastikan proses pemilihan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

“Sumpah dan janji yang diambil, serta pakta integritas yang ditandatangani dan diucapkan harapannya dijalankan. Jadi kita jalankan tanggung jawab sesuai tupoksi,” ungkapnya.

Ia berpesan, jika ingin berhasil sebenarnya cukup dengan bekerja sesuai pakta integritas dan sumpah. “Karena terkadang kita temui di lapangan implementasi dari apa yang disampaikan, kadang-kadang tidak linier dengan praktik di lapangan. Jadi semoga apa yang kita ucapkan sesuai dengan yang kita lakukan,” pesannya.

“Jaga kepercayaan yang dititipkan. Jangan mengecewakan orang-orang yang telah memilih, jangan kecewakan lembaga ini,” pungkas Heri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *